Hutang besar Alam Melayu pada Aceh Darussalam (Kesultanan Agung dari Sumatra)


e-Aceh.org - Hutang besar Alam Melayu pada Aceh Darussalam (Kesultanan Agung dari Sumatra), Kemaharajaan Terbesar di Kep. Melayu dalam 500an tahun terakhir ini. Saya akui demikian karena pengaruh syiarnya yang meluas, bahkan sejak zaman Kesultanan Teragung Sumatra/Sumudera/Pasai. Ketika berbicara Sejarah Bumi Serambi Mekah, bukan sekedar berbicara mengenai Provinsi Aceh, namun kita berhadapan dengan jejak ketakutan orang-orang yang tidak mampu menerima fakta kegemilangan Sejarah Islam di Kep. Hindia Belakang ini.

Kegemilangan besar peradaban orang kepulauan laut timur dari orang-orang Eropa.
Saya tidak perlu menjabarkan lagi mengenai kemajuan teknik metalurgi, kekayaan (emas perak, permata dan/atau gading), ataupun festival adu gajah, bahkan mengenai ratusan ribu-jutaan prasasti nisan batu aceh, bukan itu yang mau saya bahas. Mengenai pradaban/kerajaan Tulang Bawang, Sriwijaya, Balau, Sekampung hingga Ranau itu sudah biasa saya bahas, pradaban-pradaban kuno yang wujud jauh sebelum orang Britania menuliskan syair kepahlawanannya dalam bahasa Inggris Kuno.

Namun penerus Pradaban itu ialah dari pulau yang sama, yang berhasil membuat Agresor pertama dari benua biru pulang dengan malu. Kemasyuran nama Portugis sebagai 'conqueror' dunia timur pertama, kandas.

Yang tersisa saat ini adalah pengaburan, penyesatan, pengelabuan sejarah kebesaran Kesultanan Agung Aceh Darussalam dan pendahulunya, yaitu Kesultanan Teragung Sumatra/Samudera/Pasai....

Pada masa pemerintahan Yang Mulia Sri-Baginda Sulthan 'Ali Ri'ayat Syah Rahimahullah, Linschoten dalam pelayarannya (1587-1588) mengakui bahwa Aceh adalah musuh besar Portugis karena berhasil menguasi Selat Malaka secara tunggal, dan itu dirasakan Portugis sebagai ancaman nyata bagi aktivitas dagangnya. Sekalipun dikemudian hari Portugis berhasil merebut selat, namun hingga mereka hengkang dari Kepulauan Melayu, tiada pernah mereka berhasil menyerang dan bertahan menduduki jantung Kesultanan Agung Aceh Darussalam....

Ket. gambar: Nisan maqam Yang Mulia Sri-Baginda Sulthan 'Ali Ri'ayat Syah Rahimahullah oleh
Foto oleh #AryaPurbaya koleksi #MAPESA.

Sumber FB : Dido Ridho Zulkarnaein
e-Aceh WA 085277335254

Belum ada Komentar untuk "Hutang besar Alam Melayu pada Aceh Darussalam (Kesultanan Agung dari Sumatra)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel